RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 7 / 3
Hari
/tgl : .
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Makanan (peralatan makan )
KD : 1. 1 –
2 . 6 – 3 . 3 – 4 . 3 – 3 . 6 – 3 . 6 –
3 . 12 – 4 .12.
Materi :
-
Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-
Tata
tertib makan
-
Makan
dengan tangan kanan
-
Meneruskan
pola peralatan makan
-
Pengenalan
alat untuk makan
- Huruf awal sama
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Peralatan
makan
-
Serbet
-
Kertas
-
Pensil
- Kartu angka
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan gambar peralatan makan
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Bermain bawa
kelereng dengan sendok
9. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar peralatan makan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
gambar tersebut ?
Gambar
tersebut termasuk peralatan makan apa ?
Peralatan
makan Apa saja yang ada di rumah kamu?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai peralatan makan.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar perlatan makan.
· Ada
berapa sendok pada gambar tersebut?
· Apa
kegunaan serbet makan?
· Gambar
peralatan makan apa saja yang ada?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat meneruskan pola gambar peralatan makan
- Anak dapat menghitung
sendok sesuai angka
- Anak
dapat melipat serbet makan
- Anak
dapat mengelompokkan kata-kata sejenis
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
mensyukuri makanan sebagai anugerah Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan peralatan untuk makan
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara mencuci piring
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghitng sendok sesuai angka
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melipat serbet makan
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan pola gambar peralatan makan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment