Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 12.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 12 / 3
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di laut
KD                                  :  1. 1  – 2 . 5 – 2 . 6 –  2 . 9 – 3 . 6 – 4  . 6 – 3 . 10 – 4 .10 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di laut
-      Cerita  pengalaman anak
-      Mengembalikan mainan pada tempatnya
-      Cerita bergambar tentang tolong menolong
-      Konsep bilangan
-      Suku kata awal sama / suku kata akhir sama
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Kerang
                                            -   Gambar binatang laut
                                            -   Pensil
                                            -   Kertas
                                            -   Krayon
Karakter                          :  Peduli lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ikan ,kerang
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang ikan di laut
6. Bermain memancing ikan
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar ikan, kerang secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
Ada berapa ikan pada gambar ?
Ada berapa kerang pada gambar ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai hewan di laut.
- Guru memberikan pertanyaan tentang hewan di laut.
·      Apa ciri-ciri ikan laut ?
·      Hewan apa saja yang hidup di laut?
·      Hewan apa saja selain ikan yang hidup di laut ?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat menghitung kerang
-       Anak dapat mengelompokkan jenis binatang laut
-       Anak dapat mengisi pola gambar ikan dengan berbagai
        media
-       Anak dapat menebali suku kata awal sama nama-nama 
        binatang laut

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan macam-macam binatang laut




Dapat menceritakan cara menangkap ikan




Dapat mengelompokkan binatang laut




Keterampilan
Dapat melanjutkan suku kata awal nama binatang laut




Dapat menyebutkan alat-alat untuk memancing ikan






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive