RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 12 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di laut
KD : 1. 1 –
2 . 5 – 2 . 6 – 2 . 9 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 10 – 4 .10 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di laut
- Cerita
pengalaman anak
- Mengembalikan mainan pada tempatnya
- Cerita bergambar tentang tolong menolong
- Konsep bilangan
- Suku kata awal sama / suku kata akhir
sama
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Kerang
-
Gambar binatang laut
- Pensil
- Kertas
- Krayon
Karakter : Peduli lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ikan ,kerang
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang ikan di laut
6. Bermain
memancing ikan
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ikan, kerang secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kalian lihat ?
Ada
berapa ikan pada gambar ?
Ada
berapa kerang pada gambar ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai hewan di laut.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang hewan di laut.
· Apa
ciri-ciri ikan laut ?
· Hewan
apa saja yang hidup di laut?
· Hewan
apa saja selain ikan yang hidup di laut ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menghitung kerang
- Anak dapat mengelompokkan
jenis binatang laut
- Anak
dapat mengisi pola gambar ikan dengan berbagai
media
- Anak
dapat menebali suku kata awal sama nama-nama
binatang laut
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan macam-macam binatang laut
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menangkap ikan
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan binatang laut
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melanjutkan suku kata awal nama binatang laut
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan alat-alat untuk memancing ikan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment