Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 6.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 6 / 1
Hari /tgl                           :   
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Sekolahku
KD                                  :  1. 1  – 2 . 3 – 2 . 6 – 3  . 1 – 4 . 1 –  3 . 5 – 4 . 5.      
Materi                              :   -   Menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Berangkat sekolah tepat waktu
-          Menyanyi lagu Taman yang paling indah
-          Mencari jejak sekolahku
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Kertas gambar
                                           -  Krayon
                                           -  Pensil
Karakter                          :  Bertanggung Jawab                                               
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi tentang berangkat sekolah tepat waktu
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati bangunan sekolah dari luar
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang bangunan sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Ada apa saja di lingkungan sekolah ?
Apa warna tembok sekolah ?
Di depan sekolah ada apa saja ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang sekolah.
· Bagaimana bentuk sekolah yang diamati?
· Apa warna tembok sekolah itu?
· Ada berapa ruangan di sekolah?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyanyi lagu Taman Yang Paling Indah
- Anak dapat mencari jejak menuju sekolah
- Anak dapat menggambar bebas sekolahku
- Anak dapat menirukan 3 urutan kata

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Memahami akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekolah




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan guna sekolah




Dapat menyanyi lagu taman yang paling indah




Dapat menirukan 3-4 urutan kata




Keterampilan
Dapat menggambar bebas sekolahku




Dapat mencari jalan menuju sekolah







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive