RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 12 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di air (jenisnya )
KD : 1. 1–2.3–2. 5 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .13– 4 .13 – 3 .15 – 4 .15.
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di air
- Gambar binatang yang hidup di air
- Cerita
pengalaman anak
- Tidak menyakiti binatang
- Konsep bilangan
- Mau
bermain dengan teman
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok - balok
- Buku gambar
- Gunting
-
Kertas
- Krayon
Karakter : Rasa Ingin Tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ikan
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang ikan
6. Menyanyi lagu
ikanku
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ikan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kalian lihat ?
Ada
berapa ikan pada gambar ?
Ikan
hidup dimana ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ikan.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang ikan.
· Apa
ciri-ciri ikan ?
· Dimana
tempat hidup ikan ?
· Apakah
ikan dapat hidup di akuarium?
· Apakah
kalian di rumah memiliki ikan?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat bercerita tentang ikan piaraannya
- Anak dapat membuat
berbagai bentuk ikan dari kertas
- Anak
dapat membuat aquarium dari balok-balok
- Anak
dapat mencari jejak menuju aquarium
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan jenis-jenis ikan
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan ciri-ciri binatang yang hidup di air
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan binatang piaraannya
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk ikan dari berbagai media
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bentuk dari balok-balok
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment