Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 6.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 6 / 3
Hari /tgl                           :   .
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Sekolahku  (alat – alat sekolah )
KD                                  :  1. 2  – 2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 11 – 3  . 9 – 4 . 9 –  3 . 12 – 4 . 12.      
Materi                              :   -      Kelestarian alat – alat sekolah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Penataan lingkungan kelas
-          Tidak mengganggu teman
-          Pengenalan alat – alat sekolah
-          Pengenalan huruf vokal dan konsonan
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Alat – alat sekolah ( buku,pensil,tas,krayon,penghapus dll )
                                           -  Gambar buku
                                           -  Pensil
                                           -  Krayon
Karakter                          :  Kerja keras
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru menunjukkan gambar alat-alat sekolah
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar alat-alat sekolah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang alat-alat sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Apa saja alat-alat  sekolah ?
Ada berapa macam alat sekolah ?
Apa kegunaan alat-alat sekolah tersebut ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai alat sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang alat sekolah.
· Bagaimana alat sekolah yang diamati?
· Apa saja alat sekolah yang kalian bawa?
· Sebutkan macam –macam alat sekolah?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mengelompokkan alat-alat untuk sekolah
- Anak dapat mengurutkan pola gambar alat-alat sekolah
- Anak dapat membuat bentuk buku
- Anak dapat menyebutkan huruf vocal nama alat-alat sekolah

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Tidak mengganggu teman




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan alat-alat sekolah




Dapat menjaga kelestarian alat-alat sekolah




Dapat mengelompokkan alat-alat sekolah




Keterampilan
Dapat mengurutkan pola alat-alat sekolah




Dapat menyebutkan huruf vokal dan konsonan dari kata







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive