RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 6 / 3
Hari
/tgl : .
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Sekolahku (alat – alat sekolah )
KD : 1. 2 –
2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 11 – 3 . 9 – 4 . 9
– 3 . 12 – 4 . 12.
Materi : -
Kelestarian alat – alat sekolah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Penataan
lingkungan kelas
-
Tidak
mengganggu teman
-
Pengenalan
alat – alat sekolah
-
Pengenalan
huruf vokal dan konsonan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Alat
– alat sekolah ( buku,pensil,tas,krayon,penghapus dll )
- Gambar buku
-
Pensil
- Krayon
Karakter : Kerja keras
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru menunjukkan gambar alat-alat sekolah
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar alat-alat sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang alat-alat sekolah
yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait yang diamati.
Apa
saja alat-alat sekolah ?
Ada
berapa macam alat sekolah ?
Apa
kegunaan alat-alat sekolah tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai
alat sekolah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang alat sekolah.
· Bagaimana
alat sekolah yang diamati?
· Apa
saja alat sekolah yang kalian bawa?
· Sebutkan
macam –macam alat sekolah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengelompokkan alat-alat untuk sekolah
- Anak dapat mengurutkan
pola gambar alat-alat sekolah
- Anak
dapat membuat bentuk buku
- Anak
dapat menyebutkan huruf vocal nama alat-alat sekolah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Tidak
mengganggu teman
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
menjaga kelestarian alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengurutkan pola alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan huruf vokal dan konsonan dari kata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment