Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 11.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 11 / 1
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di darat (berkaki 2 )
KD                                  :  1. 1  – 2.3 – 2. 4–3.2–4 .2 – 3. 6–4. 6 – 3 . 11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di darat
-      Gambar – gambar binatang hidup di darat
-      Gerak / jalannya binatang
-      Tidak menyakiti binatang
-      Suara – suara binatang
-      Syair ayamku
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Ayam
                                            -   Maze
                                            -   Kertas
                                            -   Pensil
Karakter                          :  Peduli lingkungan                                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ayam
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang ayam
6. Menirukan suara ayam
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar ayam secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar hewan apakah tersebut ?
Yang sebelah kanan gambar hewan apa ?
Yang sebelah kiri gambar hewan apa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ayam.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang ayam.
·  Apa ciri-ciri ayam jago?
·  Apa ciri ayam betina?
·  Ada berapa ayam jago pada gambar ?
·  Ada berapa ayam betina pada gambar?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat mencari jejak gambar kandang ayam
-  Anak dapat menghitung bentuk-bentuk geometri pada gambar ayam
-  Anak dapat menggambar bentuk ayam
-  Bersyair ayamku

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
      KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan binatang yang hidup di darat




Dapat menceritakan perkembangbiakan ayam




Dapat mengucapkan syair dengan baik




Keterampilan
Dapat mencari jalan menuju kandang ayam




Dapat menggambar bentuk ayam







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive