RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 11 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di darat (berkaki 2 )
KD : 1. 1 –
2.3 – 2. 4–3.2–4 .2 – 3. 6–4. 6 – 3 . 11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di darat
- Gambar – gambar binatang hidup di darat
- Gerak / jalannya binatang
- Tidak menyakiti binatang
- Suara – suara binatang
- Syair ayamku
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Ayam
- Maze
- Kertas
- Pensil
Karakter : Peduli lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ayam
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang ayam
6. Menirukan
suara ayam
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ayam secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
hewan apakah tersebut ?
Yang
sebelah kanan gambar hewan apa ?
Yang
sebelah kiri gambar hewan apa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ayam.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang ayam.
· Apa
ciri-ciri ayam jago?
· Apa
ciri ayam betina?
· Ada
berapa ayam jago pada gambar ?
· Ada
berapa ayam betina pada gambar?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mencari jejak gambar kandang ayam
- Anak dapat menghitung
bentuk-bentuk geometri pada gambar ayam
- Anak
dapat menggambar bentuk ayam
- Bersyair
ayamku
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan binatang yang hidup di darat
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan perkembangbiakan ayam
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengucapkan syair dengan baik
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mencari jalan menuju kandang ayam
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar bentuk ayam
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment