Monday, February 17, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 17.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 17 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / Jenis buah
KD                                  :  1. 1    1 . 2  – 2 . 3  – 2 . 4  – 2 . 10 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 6 – 4 . 6.
Materi                              :  -  Macam – macam tananam jenis buah
-  Melesarikan tanaman
-  Berkreasi dengan bahan alam
                                            -  Berkebun
                                            -  Dapat bekerja kelompok
                                            -  Mengucap terimakasih
                                            -  Pengenalan bentuk – bentuk buah

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Buah – buahan ( miniatur / sungguhan )
                                           -   Pensil
                                            -   Kertas
Karakter                          :    Peduli sosial                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang macam – macam buah dan bentuknya
3. Berdiskusi tentang manfaat buah bagi tubuh
4. Lomba mengelompokkan buah – buahan dari plastik
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati macam-macam buah yang disimpan di atas meja
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang macam-macam buah yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait macam-macam buah yang diamati.
Apa warna macam-macam buah tersebut ?
Ada berapa macam-macam buah di atas meja ?
Apa manfaat dari buah  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai buah-buahan
-   Guru memberikan pertanyaan tentang buah-buahan.
·   Apa manfaat buah-buahan?
·  Apakah kamu suka makan buah-buahan?
·   Bagaimana cara menanam buah Jeruk?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat mengelompokkan buah yang berbentuk bulat
-   Anak dapat meniru menulis nama-nama buah yang bentuknya bulat
-   Anak dapat menceritakan cara menanam buah jeruk
- Anak dapat menghitung buah jeruk

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan macam buah-buahan




Dapat menyebutkan bentuk buah-buahan




Dapat menyebutkan manfaat buah bagi tubuh manusia




Keterampilan
Dapat menghitung jumlah buah dengan benar





Dapat menulis nama-nama buah yang berbentuk bulat






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive