RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 11 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di darat (berkaki 2 )
KD : 1. 1 –
2 . 3 – 2.4 –3.2– 4 .2–3.6 –4.6–3.11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di darat
- Gambar – gambar binatang hidup di darat
- Tidak menyakiti binatang
- Suara – suara binatang
- Gerak lagu
- Perkembangbiakan binatang
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Ayam
- Gambar seri
- Kertas
- Pensil
- Bulu ayam
- Jagung
Karakter : Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ayam
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang ayam dan anaknya
6. Gerak lagu
ayam trondol
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ayam dan anaknya
secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
hewan apakah tersebut ?
Ada
berapa anak ayam pada gambar ?
Anak
ayam sedang makan apa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ayam.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang ayam.
· Apa
makanan ayam ?
· Bagaimana
perkembangbiakan ayam?
· Ada
apa saja pada badan ayam ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengamati seekor ayam
- Anak dapat mengurutkan
gambar seri perkembangbiakan ayam
- Anak
dapat melukis dengan bulu ayam
- Memberi
makan ayam
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan binatang yang hidup di darat
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan perkembangbiakan ayam
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan makanan ayam
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melukis dengan bulu ayam
|
|
|
|
|
Dapat
memberi makanan ayam
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment