Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 11.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 11 / 2
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di darat (berkaki 2 )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 3 – 2.4 –3.2– 4 .2–3.6 –4.6–3.11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -  Macam – macam binatang hidup di darat
-   Gambar – gambar binatang hidup di darat
-   Tidak menyakiti binatang
-   Suara – suara binatang
-   Gerak lagu
-   Perkembangbiakan binatang
-   Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Ayam
                                           -   Gambar seri
                                           -   Kertas
                                           -   Pensil
                                           -   Bulu ayam
                                           -   Jagung
Karakter                          :  Rasa ingin tahu

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ayam
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang ayam dan anaknya
6. Gerak lagu ayam trondol
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar ayam  dan anaknya secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar hewan apakah tersebut ?
Ada berapa anak ayam pada gambar ?
Anak ayam sedang makan apa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ayam.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang ayam.
·  Apa makanan ayam ?
·  Bagaimana perkembangbiakan ayam?
·  Ada apa saja pada badan ayam ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat mengamati seekor ayam
-  Anak dapat mengurutkan gambar seri perkembangbiakan ayam
-  Anak dapat melukis dengan bulu ayam
-  Memberi makan ayam







C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
        
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan binatang yang hidup di darat




Dapat menceritakan perkembangbiakan ayam




Dapat menyebutkan makanan ayam




Keterampilan
Dapat melukis dengan bulu ayam




Dapat memberi makanan ayam







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive