Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 8.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK PLUS AL-ADALAH
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 8 / 3
Hari /tgl                           :   ………………………………………………
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Minuman  (peralatan minuman )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 4 – 4  .4 – 3 . 6 – 4 .6.   
Materi                              :   -   Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-          Gerakan sederhana
-          Mentaati tata tertib minum
-          Tidak mengambil barang bukan miliknya
-    Minum dengan tangan kanan
-    Puzel
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Botol
                                           -  Air
                                           -  Gambar teko
                                           -  Kertas / buku
                                           -  Pensil
Karakter                          :  Tanggung Jawab                                               
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar peralatan minuman
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang peralatan minuman
6. Menirukan gerakan sederhana
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar peralatan minuman secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa saja peralatan minuman tersebut ?
Ada berapa gambar teko itu ?
Bagaimana cara mengisi botol dengan air?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar peralatan minuman.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar peralatan minuman.
·  Apa gunanya teko itu?
·  apa saja yang boleh menggunakan gelas minuman?
·  Ada berapa jumlah botol minuman pada gambar  tersebut?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyusunn puzal gambar
- Anak dapat mengisi botol dengan air
- Anak dapat menghiasah gambar teko
- Anak dapat memasangkan benda sesuai pasangannya






C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai milik orang lain




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan peralatan untuk minum




Dapat mengisi botol dengan air




Dapat memasangkan benda sesuai pasangannya




Keterampilan
Dapat menghiasi gambar teko




Dapat menirukan gerakan sederhana







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive