RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK PLUS AL-ADALAH
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 3
Hari
/tgl : ………………………………………………
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman (peralatan minuman )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 4 – 4 .4 –
3 . 6 – 4 .6.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-
Gerakan
sederhana
-
Mentaati
tata tertib minum
-
Tidak
mengambil barang bukan miliknya
- Minum dengan tangan kanan
- Puzel
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Botol
- Air
- Gambar teko
-
Kertas / buku
- Pensil
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar peralatan minuman
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang peralatan minuman
6. Menirukan
gerakan sederhana
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar peralatan minuman secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apa
saja peralatan minuman tersebut ?
Ada
berapa gambar teko itu ?
Bagaimana
cara mengisi botol dengan air?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar peralatan minuman.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar peralatan minuman.
· Apa
gunanya teko itu?
· apa
saja yang boleh menggunakan gelas minuman?
· Ada
berapa jumlah botol minuman pada gambar
tersebut?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyusunn puzal gambar
- Anak dapat mengisi
botol dengan air
- Anak
dapat menghiasah gambar teko
- Anak
dapat memasangkan benda sesuai pasangannya
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang
perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai milik orang lain
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan peralatan untuk minum
|
|
|
|
|
Dapat
mengisi botol dengan air
|
|
|
|
|
|
Dapat
memasangkan benda sesuai pasangannya
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menghiasi gambar teko
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan gerakan sederhana
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment