Friday, February 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 15.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 15 / 5
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / Perdu (Tomat )
KD                                  :  1. 1–1. 2–2.4 –2.10    3.2–4.2–3.3–4 . 3 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi                              :   -   Macam – macam tananam perdu
-    Melestarikan tanaman
-    Berkebun
-    Dapat bekerja kelompok
-    Mengucap terimakasih
-    Koordinasi motorik halus
                                           -     Pengenalan bentuk – bentuk tomat
                                           -     Perbedaan warna buah                                                    
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Tanaman tomat
                                           -   Tomat
                                           -   Timbangan
                                           -   Plastisin
                                           -   Pensil
Karakter                          :    Komunikatif                                            
                                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang atas nikmat Tuhan ( tomat )
3. Berdiskusi tentang  manfaat tanaman tomat
4. Perlombaan  / permainan mengambil buah tomat
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati tanaman tomat yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang tanaman tomat yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait tanaman tomat yang diamati.
Bagaimana tanaman tomat tersebut ?
Ada apa saja pada tanaman tomat tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari tanaman tomat  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai tanaman tomat.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang tomat.
·   Apa ciri-ciri tanaman tomat?
·   Apa bagian-bagian dari tanaman tomat ?
·   Apa kegunaan dari tomat?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat menceritakan cara menanam tomat
-   Anak dapat menimbang tomat
-   Anak dapat membuat bentuk tomat dengan plastisin
-   Anak dapat membuat keranjang buah

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat tanaman tomat




Dapat menceritakan cara menanam buah tomat




Dapat menimbang buah tomat




Keterampilan
Dapat membuat bentuk tomat dengan plastisin




Dapat membuat bentuk keranjang buah






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive