RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 15 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Perdu (Tomat )
KD : 1. 1–1. 2–2.4 –2.10 –
3.2–4.2–3.3–4 . 3 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam tananam perdu
- Melestarikan tanaman
- Berkebun
- Dapat bekerja kelompok
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Pengenalan bentuk – bentuk tomat
- Perbedaan warna buah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Tanaman
tomat
-
Tomat
-
Timbangan
- Plastisin
- Pensil
Karakter : Komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi tentang
atas nikmat Tuhan ( tomat )
3. Berdiskusi
tentang manfaat tanaman tomat
4.
Perlombaan / permainan mengambil buah
tomat
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati tanaman tomat yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang tanaman tomat
yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait tanaman tomat yang
diamati.
Bagaimana
tanaman tomat tersebut ?
Ada apa
saja pada tanaman tomat tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari tanaman tomat ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai tanaman tomat.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang tomat.
· Apa
ciri-ciri tanaman tomat?
· Apa
bagian-bagian dari tanaman tomat ?
· Apa
kegunaan dari tomat?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menceritakan cara menanam tomat
- Anak dapat menimbang
tomat
- Anak
dapat membuat bentuk tomat dengan plastisin
- Anak
dapat membuat keranjang buah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat tanaman tomat
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam buah tomat
|
|
|
|
|
|
Dapat
menimbang buah tomat
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk tomat dengan plastisin
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bentuk keranjang buah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment