RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 17 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis buah
KD : 1. 1–2.2–2.9–2.10 – 3.6–4.6–3.8 – 4.8–3. 11 –
4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi : -
Macam – macam tananam jenis buah
- Mencoba hal baru
- Tenggang rasa
- Dapat bekerja kelompok
-
Pengenalan bentuk – bentuk buah
-
Pertumbuhan tanaman buah
- Mengulan kalimat
-
Perbedaan warna buah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Buah – buahan
- Pensil
- Kertas
- Alat membuat jus
Karakter : Demokrasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam buah
3. Berdiskusi
tentang vitamin yang terkandung dalam buah
4. Melempar dan
menangkap kantong biji
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati macam-macam buah yang disimpan di atas meja
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang macam-macam
buah yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait macam-macam buah yang
diamati.
Apa
warna macam-macam buah tersebut ?
Ada
berapa macam-macam buah di atas meja ?
Apa
manfaat dari buah ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai buah-buahan
- Guru
memberikan pertanyaan tentang buah-buahan.
· Apa
manfaat jus buah?
· Apakah
kamu suka jus buah?
· Bagaimana
bentuk buah-buahan?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membuat jus buah
- Anak dapat menceritakan
cara makan buah yang benar
- Anak
dapat montase bentuk buah
- Anak dapat membuat bentuk/gambar buah
sesuai angka
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan
menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu
untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman buah sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan macam buah-buahan
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara makan buah yang benar
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara membuat jus buah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
bermain dengan menangkap dan melempar kantong biji
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bentuk buah sesuai angka
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment