RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( tidak berkayu )
KD : 1.1 –
1 . 2 – 2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 10 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .
12 – 4 . 12.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Dapat bekerja
kelompok
- Pengenalan bentuk - bentuk
- Pengenalan huruf vokal dan konsonan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Pohon
pepaya
- Daun pepaya
- Buah pepaya
- Pensil
- Kertas
Karakter : Religius
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tanaman jenis pohon ( tidak
berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Melompat dengan rintangan
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati pohon pepaya yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon pepaya yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon pepaya yang
diamati.
Apa
nama pohon tersebut ?
Ada apa
saja pada pohon pepaya tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari pohon pepaya tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai pohon pepaya.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang pohon pepaya.
· Apa
ciri-ciri pohon pepaya?
· Apa
kegunaan dari daun pepaya ?
· Apa
kegunaan dari buah pepaya?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengelompokkan daun berdasarkan bentuknya
- Anak dapat mengelompokkan
huruf vocal dari suatu kata
- Anak
dapat menjiplak buah pepaya
- Anak
makan buah pepaya
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat pohon pepaya
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan bentuk daun pepaya
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan huruf vokal
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menjiplak daun pepaya
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan manfaat buah pepaya
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment