RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 17 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis Umbi ( ketela )
KD : 1. 1–1.2–2.3–2 . 4 – 2 . 13 – 3 . 6 – 4 .6
– 3 . 11 – 4 . 11 – 3 . 13 – 4 . 13
Materi : -
Macam – macam tananam jenis umbi
-
Melestarikan tanaman
-
Berkreasi dengan bahan alam
-
Berkebun
-
Mengembalikan milik orang lain
-
Pengenalan bentuk tanaman umbi
- Mengulan kalimat
-
Kerja kelompok
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Ketela pohon
- Pensil
- Kertas
-
Batang ketela, daun ketela
Karakter : Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam tanaman umbi
3. Berdiskusi tentang
cara menanam ketela
4. Melompat
dengan rintangan batang ketela
5. Mengenalkan kegiatan
dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ketela secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa
tanaman yang ada dalam gambar tersebut ?
Apakah
kalian sering melihatnya ?
Apakah
kalian suka memakannya ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ketela
- Guru
memberikan pertanyaan tentang ketela.
· Apa
manfaat ketela?
· Apakah
kamu suka ketela?
· Makanan
apa saja yang terbuat dari ketela?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membuat kalung dari tangkai daun ketela
- Anak dapat mengurutkan
cara menanam ketela
- Anak
dapat mengelompokkan makanan yang terbuat dari ketela
- Anak dapat memasangkan bagian-bagian
tanaman ketela
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman umbi sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan macam tanaman jenis umbi
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam ketela pohon
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan makanan yang terbuat dari ketela
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menyebutkan bagian-bagian tanamana ketela
|
|
|
|
|
Dapat
membuat mainan dengan tangkai daun ketela
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment