Monday, February 17, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 17.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 17 / 4
Hari /tgl                           :
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / Jenis Umbi ( ketela )
KD                                  :  1. 1–1.2–2.3–2 . 4 – 2 . 13 – 3 . 6 – 4 .6 –  3 . 11 – 4 . 11 – 3 . 13 – 4 . 13
Materi                              :   -      Macam – macam tananam jenis umbi
 -      Melestarikan tanaman
 -      Berkreasi dengan bahan alam
                                             -     Berkebun
                                             -     Mengembalikan milik orang lain
                                             -     Pengenalan bentuk tanaman umbi
                                             -     Mengulan kalimat
                                             -     Kerja kelompok

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Ketela pohon
                                            -   Pensil
                                            -   Kertas
                                            -   Batang ketela, daun ketela
Karakter                          :   Rasa ingin tahu                              
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang macam – macam tanaman umbi
3. Berdiskusi tentang cara menanam  ketela
4. Melompat dengan rintangan batang ketela
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati gambar ketela secara bergantian
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa tanaman yang ada dalam gambar tersebut ?
Apakah kalian sering melihatnya ?
Apakah kalian suka memakannya  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ketela
-   Guru memberikan pertanyaan tentang ketela.
·   Apa manfaat ketela?
·  Apakah kamu suka ketela?
·   Makanan apa saja yang terbuat dari ketela?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat membuat kalung dari tangkai daun ketela
-   Anak dapat mengurutkan cara menanam ketela
-   Anak dapat mengelompokkan makanan yang terbuat dari ketela
-   Anak dapat memasangkan bagian-bagian tanaman ketela

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman umbi sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan macam tanaman jenis umbi




Dapat menceritakan cara menanam ketela pohon




Dapat menyebutkan makanan yang terbuat dari ketela




Keterampilan
Dapat menyebutkan bagian-bagian tanamana ketela




Dapat membuat mainan dengan tangkai daun ketela






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive