RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 10 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Kesehatan
KD : 1. 1 –
2 . 6 – 2 . 14 – 3 . 1 – 4 .1 – 3 . 9 –
4 . 9 – 3 . 14 – 4 .14.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (sehat )
- Tata cara minum obat
- Kebiasaan mengucap terimaksih
- Berdoa sebelum minum obat
- Pengenalan obat – obatan yang berbahaya
- Senang berolah raga
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar obat obatan
- Macam – macam obat
- Timbangan
- Pensil
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang pentingnya kesehatan tubuh
3. Berdiskusi
tentang cara menjaga kesehatan
4. Senam anak
indonesia
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar obat-obatan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat
guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah ini ?
Obat apa saja yang ada pada
gambar ?
Ada berapa obat yang sama
manfaatnya ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai macam-macam obat.
- Guru memberikan
pertanyaan tentang macam-macam obat.
· Apa saja obat yang
digunakan untuk sakit kepala?
· Apa saja obat yang
digunakan untuk sakit perut ?
· Apa yang terjadi jika
kalian tidak menjaga kesehatan?
· Apa kegunaan mengetahui
berat dan tinggi badan ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat melakukan
montase gambar obat-obatan
- Anak dapat mengelompokkan
alat-alat untuk mandi
- Anak
dapat bercerita tentang
anak yang tidak menjaga kesehatan
- Anak dapat menimbang
berat badan
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai hidup sehat
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara menjaga kesehatan
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan obat-obatan yang berbahaya
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan akibat hidup tidak sehat
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menimbang berat badan
|
|
|
|
|
Dapat
membuat mainan dengan teknik montase
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment