Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 13.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 13 / 4
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Binatang yang bisa terbang ( capung )
KD                                  :  1.1– 2.4–2.5–3.2–4. 2 – 3 . 5 – 4 . 5 – 3 . 13 – 4 . 13   3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
-      Gerakan binatang yang bisa terbang
-      Cerita pengalaman anak
-      Berbuat baik pada makluk Tuhan
-      Konsep penjumlahan dengan benda – benda
-      Beradaptasi dengan lingkungan
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Tinta
                                            -   Gambar / miniatur capung
                                            -   Pensil
                                            -   Kertas
                                            -   Krayon
Karakter                          :   Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Bercerita tentang pengalaman anak
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar capung secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
Capung biasanya ada dimana ?
Bagaimana perkembangbiakan Capung?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai Capung.
- Guru memberikan pertanyaan tentang Capung.
·  Apa ciri-ciri Capung?
·  Apakah warna Capung ?
·  Ada berapa Capung pada gambar?
·  apa perbedaan kupu-kupu dan  Capung pada gambar?
Menyimpulkan
-  Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat mencetak dengan jari bentuk capung
-  Anak dapat menghitung hasil penjumlahan dengan bentuk capung
-  Anak dapat menyebutkan posisi benda
-  Anak dapat menceritakan perbedaan kupu-kupu dan capung

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan tentang capung




Dapat membuat gambar dengan mencetak dengan jari




Dapat menyebutkan posisi benda




Keterampilan
Dapat menceritakan perbedaan kupu-kupu dengan capung




Dapat menghitung hasil penjumlahan dengan benda







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive