RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 13 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Binatang yang bisa terbang (
capung )
KD : 1.1– 2.4–2.5–3.2–4. 2 – 3 . 5 – 4 . 5 – 3 .
13 – 4 . 13 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
- Gerakan binatang yang bisa terbang
- Cerita pengalaman anak
- Berbuat
baik pada makluk Tuhan
- Konsep
penjumlahan dengan benda – benda
- Beradaptasi dengan lingkungan
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Tinta
-
Gambar / miniatur capung
- Pensil
-
Kertas
- Krayon
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi
tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Bercerita
tentang pengalaman anak
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar capung secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kalian lihat ?
Capung
biasanya ada dimana ?
Bagaimana
perkembangbiakan Capung?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai Capung.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang Capung.
· Apa
ciri-ciri Capung?
· Apakah
warna Capung ?
· Ada
berapa Capung pada gambar?
· apa
perbedaan kupu-kupu dan Capung pada
gambar?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mencetak dengan jari bentuk capung
- Anak dapat menghitung
hasil penjumlahan dengan bentuk capung
- Anak
dapat menyebutkan posisi benda
- Anak
dapat menceritakan perbedaan kupu-kupu dan capung
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan tentang capung
|
|
|
|
|
Dapat
membuat gambar dengan mencetak dengan jari
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan posisi benda
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menceritakan perbedaan kupu-kupu dengan capung
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung hasil penjumlahan dengan benda
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment