RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( berbuah )
KD : 1.1–2.2–2.4– 2.9 –3.2– 4.2 – 3 . 13– 4 . 3 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 15 – 4
.15
Materi : -
Macam – macam tananam jenis pohon ( berbuah)
- Menyiram tanaman
- Berkebun
- Gotong royong
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Pengelanan bentuk – bentuk buah
- Perbedaan warna buah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Buah
- buahan
- Biji
– bijian
- Gambar
pohon mangga
- Pensil
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tanaman jenis pohon ( berbuah )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bentuk dan warna buah
4. Membawa beban
di atas kepala
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar pohon mangga secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa
nama pohon tersebut ?
Ada apa
saja pada pohon mangga tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari pohon mangga tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai pohon mangga.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang pohon mangga.
· Apa
ciri-ciri pohon Mangga?
· Apa
bagian-bagian dari pohon mangga ?
· Apa
kegunaan dari buah mangga?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengelompokkan macam-macam buah sesuai bentuk/warna
- Anak dapat memindahkan
biji-bijian ke dalam gelas
- Anak
dapat mengurutkan pola bagian – bagian tanaman
- Anak
dapat melengkapi gambar pohon mangga
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
mengelompokkan macam-macam buah
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan pola bagian-bagian tanaman
|
|
|
|
|
|
Dapat
memindahkan biji-bijian ke dalam wadah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melengkapi gambar pohon mangga
|
|
|
|
|
Dapat
membawa beban diatas kepala tanpa jatuh
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment