Friday, February 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 14.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 14 / 5
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / jenis pohon ( berbuah )
KD                                  :  1.1–2.2–2.4– 2.9 –3.2– 4.2 –  3 . 13– 4 . 3 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 15 – 4 .15
Materi                              :   -      Macam – macam tananam jenis pohon ( berbuah)  
-      Menyiram tanaman
-      Berkebun
-      Gotong royong
-      Mengucap terimakasih
-      Koordinasi motorik halus
-      Pengelanan bentuk – bentuk buah
                                                     -      Perbedaan warna buah
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Buah - buahan
                                           -   Biji – bijian
                                           -   Gambar  pohon mangga
                                           -   Pensil
Karakter                          :      Kreatif             
                                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tanaman jenis pohon  ( berbuah )
3. Berdiskusi tentang menyebutkan bentuk dan warna buah
4. Membawa beban di atas kepala
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati gambar pohon mangga secara bergantian
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon mangga tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon mangga tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon mangga.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang pohon mangga.
·   Apa ciri-ciri pohon Mangga?
·   Apa bagian-bagian dari pohon mangga ?
·   Apa kegunaan dari buah mangga?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat mengelompokkan macam-macam buah sesuai bentuk/warna
-   Anak dapat memindahkan biji-bijian ke dalam gelas
-   Anak dapat mengurutkan pola bagian – bagian tanaman
-   Anak dapat melengkapi gambar pohon mangga

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat mengelompokkan macam-macam buah




Dapat mengurutkan pola bagian-bagian tanaman




Dapat memindahkan biji-bijian ke dalam wadah




Keterampilan
Dapat melengkapi gambar pohon mangga




Dapat membawa beban diatas kepala tanpa jatuh







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive