RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman (peralatan minuman )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 6 – 3 . 3 – 4 . 3 – 3 .9 – 4
. 9 – 3 . 10 – 4 . 10.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-
Gerakan
sederhana
-
Mentaati
tata tertib minum
- Minum dengan tangan kanan
- Pengenalan alat – alat minum
- Menirukan 3 – 4 urutan kata
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Botol
- Air
- Gambar teko
- Kertas / buku
- Pensil
Karakter : Gemar Membaca
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar peralatan minum
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang peralatan minum
6. Minum dengan
tangan kanan
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar peralatan minum secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apa
saja peralatan minum tersebut ?
Ada
berapa gambar teko itu ?
Bagaimana
cara mengisi botol dengan air?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar peralatan minum.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar peralatan minum.
· Apa
gunanya cangkir itu?
· apa
saja yang boleh menggunakan gelas minum?
· Ada
berapa jumlah botol minuman pada gambar
tersebut?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menirukan 2-3 urutan kata
- Anak dapat menggunting
gambar cangkir
- Anak
dapat bermain plastisin
- Anak
dapat menyusun benda dari besar - kecil
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai milik orang lain
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan peralatan untuk minum
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan 3-4 urutan kata
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyusun benda dari besar - kecil
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk dengan plastisin
|
|
|
|
|
Dapat
menggunting gambar cangkir
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment