Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 8.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 8 / 4
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Minuman  (peralatan minuman )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 6 – 3 . 3 – 4 . 3 – 3  .9 – 4 . 9 – 3 . 10 – 4 . 10.  
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-          Gerakan sederhana
-          Mentaati tata tertib minum
-      Minum dengan tangan kanan
-      Pengenalan alat – alat minum
-      Menirukan 3 – 4 urutan kata        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Botol
                                           -  Air
                                           -  Gambar teko
                                           -  Kertas / buku
                                           -  Pensil
Karakter                          :   Gemar Membaca                                               
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar peralatan minum
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang peralatan minum
6. Minum dengan tangan kanan
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar peralatan minum secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa saja peralatan minum tersebut ?
Ada berapa gambar teko itu ?
Bagaimana cara mengisi botol dengan air?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar peralatan minum.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar peralatan minum.
·  Apa gunanya cangkir itu?
·  apa saja yang boleh menggunakan gelas minum?
·  Ada berapa jumlah botol minuman pada gambar  tersebut?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menirukan 2-3 urutan kata
- Anak dapat menggunting gambar cangkir
- Anak dapat bermain plastisin
- Anak dapat menyusun benda dari besar - kecil

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
 
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai milik orang lain




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan peralatan untuk minum




Dapat menirukan 3-4 urutan kata




Dapat menyusun benda dari besar - kecil




Keterampilan
Dapat membuat bentuk dengan plastisin




Dapat menggunting gambar cangkir







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive