Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 11.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 11 / 4
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di darat (berkaki 4 )
KD                                  :  1.1 –2.5–3.2–4.2–3.3–4.3 – 3.8–4.8–3 .11 – 4 .11 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di darat
-      Cerita pengalaman
-      Tidak menyakiti binatang
-      Melompat seperti binatang
-      Perkembangbiakan binatang
-      Syair
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                      
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Kelinci
                                           -   Wortel
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas                                        
Karakter                          :  Peduli lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar hewan berkaki 4
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang kelinci
6. Melompat seperti kelinci
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar kelinci secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar hewan apakah tersebut ?
Ada kelinci  pada gambar ?
Kelinci sedang makan apa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kelinci.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang kelinci.
·  Apa makanan kelinci ?
·  Bagaimana perkembangbiakan kelinci?
·  Ada berapa kaki kelinci ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat mengamati kelinci
-  Anak dapat memilih makanan kelinci
-  Anak dapat menebali garis pada gambar kelinci
-  Anak dapat menirukan syair kelinci

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak






D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan binatang berkaki 4




Dapat menyebutkan makanan kelinci




Dapat menceritakan perkembangbiakan kelinci




Keterampilan
Dapat menebali gambar kelinci




Dapat menceritakan ciri-ciri kelinci






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive