RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 11 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di darat (berkaki 4 )
KD : 1.1 –2.5–3.2–4.2–3.3–4.3 – 3.8–4.8–3 .11 – 4 .11
– 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di darat
- Cerita pengalaman
- Tidak menyakiti binatang
- Melompat seperti binatang
- Perkembangbiakan binatang
- Syair
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Kelinci
-
Wortel
- Pensil
-
Kertas
Karakter : Peduli lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar hewan berkaki 4
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang kelinci
6. Melompat
seperti kelinci
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar kelinci secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
hewan apakah tersebut ?
Ada
kelinci pada gambar ?
Kelinci
sedang makan apa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai kelinci.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang kelinci.
· Apa
makanan kelinci ?
· Bagaimana
perkembangbiakan kelinci?
· Ada
berapa kaki kelinci ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengamati kelinci
- Anak dapat memilih
makanan kelinci
- Anak
dapat menebali garis pada gambar kelinci
- Anak
dapat menirukan syair kelinci
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih
jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan binatang berkaki 4
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan makanan kelinci
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan perkembangbiakan kelinci
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menebali gambar kelinci
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan ciri-ciri kelinci
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment