RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 9 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Pakaian ( perawatan pakaian )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 9 – 4 . 9 –
3 .10–4 . 10 – 3 . 14 – 4 . 14.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-
Gerakan
sederhana
- Tidak mengambil barang bukan miliknya
- Berpakaian rapi
- Pengenalan alat – alat perawatan pakaian
- Konsep penjumlahan
- Pakaian kesukaan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Baju
- Setrika
- Gunting
- Kertas
-
Pensil
Karakter : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati merawat pakaian
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan
tentang cara merawat pakaian
6. Menirukan
gerakan mancuci baju
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar mencuci, melipat baju secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
yang dilakukan ibu pada gambar tersebut ?
Apa
saja yang digunakan ibu untuk mencuci baju ?
Apa
saja yang dilakukan setelah mencuci baju ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar mencuci, melipat baju.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar mencuci dan melipat.
· Apa
yang dilakukan setelah mencuci baju
· Bagaimana
cara menyetrika baju?
· Bagaimana
cara mencuci baju?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat melipat baju dengan rapi
- Anak dapat menceritakan
cara mencuci baju
- Anak
dapat menggunting bentuk setrika
- Anak
dapat menjumlahkan benda-benda
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai hasil karya orang lain (baju)
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara merawat pakaian
|
|
|
|
|
Dapat
menjumlahkan benda-benda
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melipat baju dengan rapi
|
|
|
|
|
Dapat
menggunting gambar setrika
|
|
|
|
|
|
Dapat
berpakaian rapi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment