Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 10.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 10 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Keamanan
KD                                  :  1. 1  – 2 . 13 – 2 . 14 – 3 . 4 – 4  .4 – 3 . 9 – 4 . 9.
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan
-      Tidak mengambil milik orang lain
-      Kebiasaan mengucap terimakasih
-      Tata cara menjaga keamanan diri
-      Pengenalan benda – benda berbahaya                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Bola
                                                   -  Benda - benda
                                                   -  Kertas
                                                   -  Pensil
Karakter                          :  Tanggung Jawab                                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang pentingnya keamanan diri
3. Berdiskusi tentang cara menjaga keamanan diri
4. Bermain bola
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar benda-benda yang berbahaya secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Sebutkan gambar apa saja yang kamu lihat ?
Kenapa benda-benda tersebut berbahaya  ?
Apakah kalian pernah melihat benda tersebut ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai macam-macam benda – benda berbahaya.
- Guru memberikan pertanyaan tentang benda-benda berbahaya.
· Apa saja benda-benda yang berbahaya?
· Apa yang harus dilakukan jika melihat benda berbahaya ?
· Kapan kalian melihat benda-benda berbahaya?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mengelompokkan benda yang membahayakan diri anak
- Anak dapat membedakan perbuatan benar dan salah
- Anak dapat menggambar benda-benda yang berbahaya
- Anak dapat bercerita tentang pengalaman

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai pentingnya keselamatan diri




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan cara menghindari benda-benda berbahaya




Dapat melindungi diri dari tindak kekerasan




Dapat membedakan perbuatan benar dan salah




Keterampilan
Dapat menceritakan pengalamannya




Dapat menjaga keamanan diri dalam bermain






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive