RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 10 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Keamanan
KD : 1. 1 –
2 . 13 – 2 . 14 – 3 . 4 – 4 .4 – 3 . 9 –
4 . 9.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan
- Tidak mengambil milik orang lain
- Kebiasaan mengucap terimakasih
- Tata cara menjaga keamanan diri
- Pengenalan benda – benda berbahaya
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Bola
- Benda - benda
- Kertas
- Pensil
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi tentang
pentingnya keamanan diri
3. Berdiskusi
tentang cara menjaga keamanan diri
4. Bermain bola
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar benda-benda yang berbahaya secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat
guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Sebutkan gambar apa saja yang
kamu lihat ?
Kenapa benda-benda tersebut
berbahaya ?
Apakah kalian pernah melihat
benda tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai macam-macam benda – benda berbahaya.
- Guru memberikan
pertanyaan tentang benda-benda berbahaya.
· Apa saja benda-benda
yang berbahaya?
· Apa yang harus dilakukan
jika melihat benda berbahaya ?
· Kapan kalian melihat
benda-benda berbahaya?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan
benda yang membahayakan diri anak
- Anak dapat membedakan
perbuatan benar dan salah
- Anak dapat menggambar
benda-benda yang berbahaya
- Anak dapat bercerita
tentang pengalaman
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai pentingnya keselamatan diri
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara menghindari benda-benda berbahaya
|
|
|
|
|
Dapat
melindungi diri dari tindak kekerasan
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan perbuatan benar dan salah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menceritakan pengalamannya
|
|
|
|
|
Dapat
menjaga keamanan diri dalam bermain
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment