RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 16 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis sayur
KD : 1. 1 –
1 .2 –2.9 –2.4–3.3–4.3–3. 6– 4 .6 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 . 11 – 4 . 11.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis sayur
- Melestarikan tanaman
- Tenggang rasa
- Koordinasi motorik halus
- Pengenalan bentuk – bentuk
sayuran
- Pertumbuhan tanaman
- Mengulang kalimat
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Bilah – bilah
- Sayuran
-
Pensil
- Kertas
Karakter : Disilpin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam sayuran
3. Berdiskusi tentang manfaat sayur bayam
4. Menanam sayur
bayam
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati tanaman bayam yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang tanaman bayam
yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait tanaman bayam yang
diamati.
Bagaimana
tanaman bayam tersebut ?
Ada apa
saja pada tanaman bayam tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari tanaman bayam ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai tanaman bayam.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang bayam.
· Apa
ciri-ciri tanaman bayam?
· Apa
bagian-bagian dari tanaman bayam ?
· Apa
kegunaan dari bayam?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menceritakan cara menanam sayur bayam
- Anak dapat menganyam
bentuk keranjang sayur
- Anak
dapat mengulang kalimat
- Anak
dapat mengenal konsep waktu
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat tanaman bayam
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam bayam
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengulang kalimat sederhana
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengenal konsep waktu
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menganyam bentuk keranjang sayur
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment