RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( berkayu dan tidak
berkayu )
KD : 1.1–2.3–2.9–3.2–4.2–3. 3–4. 3 – 3 .
11 – 4 . 11 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi : - Macam
– macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Berkreasi dengan bahan alam
- Gotong royong
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Mengulang kalimat
- Perbedaan warna
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok
- Daun nangka
- Kartu kata
- Papan titian
- Krayon
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi tentang
tanaman jenis pohon ( berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Berjalan di
atas papan titian ( dari kayu )
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati pohon yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon yang
diamati.
Apa
nama pohon tersebut ?
Ada apa
saja pada pohon tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari pohon tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang pohon.
· Apa
ciri-ciri pohon nangka?
· Apa
ciri –ciri pohon mangga?
· Ada
berapa pohon nangka?
· Ada
berapa pohon mangga?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menunjukkan bagian-bagian tanaman
- Anak dapat membuat
topi dari daun nangka
- Anak
dapat menghubungkan bagian-bagian tanaman dengan kata
- Bermain
dengan balok-balok
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan bagian-bagian tanaman
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan tanaman jenis pohon berkayu
|
|
|
|
|
|
Dapat
membuat topi dari daun-daunan
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
bermain balok-balok
|
|
|
|
|
Dapat
menghubungkan bagian-bagian tanaman dengan kata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment