Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 7.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 7 / 2
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Makanan  (alat – alat memasak )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 2 – 2 . 4– 2 . 13 – 3 . 5 – 4  . 5 – 3 . 9 – 4 . 9 .      
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan pokok )
-          Gerakan sederhana
-          Memasak nasi
-          Tidak mengambil barang milik orang lain
-          Pusel
-          Pengenalan alat untuk memasak
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Alat untuk memasak mainan
                                                   -  Pusel gambar panci
                                                   -  Buku gambar
                                                   -  Krayon
                                                   -  Pensil
Karakter                          : kerja Keras
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi dengan menunjukkan gambar – gambar alat memasak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menirukan gerakan memasak
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar alat-alat memasak secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Gambar tersebut digunakan untuk apa ?
Siapa saja yang menggunakan alat tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar alat-alat memasak.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar alat-alat memasak.
·  Apa saja alat untuk memasak?
·  Panci digunakan untuk apa ?
·  Kapan alat memasak digunakan ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyusun puzzle gambar panci
- Anak dapat menghubungkan kata dengan alat memasak
- Anak dapat menggambar alat-alat untuk memasak


C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri makanan sebagai anugerah Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan peralatan untuk memasak




Dapat menceritakan cara memasak




Dapat menyusun pusel gambar panci




Keterampilan
Dapat menghubungkan gambar dengan kata




Dapat menggambar peralatan memasak






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive