RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 7 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Makanan (alat – alat memasak )
KD : 1. 1 –
2 . 2 – 2 . 4– 2 . 13 – 3 . 5 – 4 . 5 –
3 . 9 – 4 . 9 .
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan pokok )
-
Gerakan
sederhana
-
Memasak
nasi
-
Tidak
mengambil barang milik orang lain
-
Pusel
-
Pengenalan
alat untuk memasak
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Alat
untuk memasak mainan
-
Pusel gambar panci
- Buku gambar
-
Krayon
- Pensil
Karakter : kerja Keras
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi dengan menunjukkan gambar – gambar alat memasak dengan
beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menirukan
gerakan memasak
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar alat-alat memasak secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
gambar tersebut ?
Gambar
tersebut digunakan untuk apa ?
Siapa
saja yang menggunakan alat tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar alat-alat memasak.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar alat-alat memasak.
· Apa
saja alat untuk memasak?
· Panci
digunakan untuk apa ?
· Kapan
alat memasak digunakan ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyusun puzzle gambar panci
- Anak dapat menghubungkan
kata dengan alat memasak
- Anak
dapat menggambar alat-alat untuk memasak
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
mensyukuri makanan sebagai anugerah Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan peralatan untuk memasak
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara memasak
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyusun pusel gambar panci
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menghubungkan gambar dengan kata
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar peralatan memasak
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment