Tuesday, February 4, 2020

Pengertian Administrasi



Pada dasarnya Administrasi melingkupi seluruh kegiatan dari pengaturan hingga pengurusan sekelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Administrasi dapat berjalan dengan adanya keterlibatan banyak orang yang turut andil di dalamnya. Hal ini sesuai dengan pengertian administrasi yang dikemukakan oleh Gie (1983:12) yaitu administrasi dalam arti luas adalah segala sesuatu yang pada hakikatnya memiliki fungsi yang sama yaitu kerja sama yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan administrasi dalam arti sempit merupakan tata usaha yang didalamnya memiliki unsur-unsur pengorganisasian, manajemen, tata hubungan, keuangan, perbekalan, tata usaha, dan perwakilan.
 Administrasi merupakan suatu fenomena sosial, yaitu perwujudan tertentu di dalam masyarakat modern. Eksistensi administrasi ini berkaitan dengan organisasi. Jadi, barangsiapa hendak mengetahui adanya administrasi dalam masyarakat ia harus mencari terlebih dahulu suatu organisasi yang masih hidup, di situ terdapat administrasi”. (Atmosudirdjo, 1982:39-40)

Dari definisi di atas, dapat dikatakan bahwa administrasi adalah fenomena sosial yang terwujud di dalam masyarakat modern. Administrasi ini selalu berkaitan dengan organisasi. Jika ingin melihat secara lebih dalam terkait administrasi, terlebih dahulu harus mencari organisasi yang masih hidup karena disitulah terdapat administrasi.

Dalam berbagai macam aspek khususnya di bidang pemerintahan, administrasi mempunyai peranan dan juga tujuan agar segala sesuatu terstruktur, terencana, dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive