RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 15 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Perdu (Cabe )
KD : 1.1 – 1. 2 – 2.3 – 2. 4–2. 10 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 12 – 3 .
12 .
Materi : -
Macam – macam tananam perdu
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Dapat bekerja kelompok
- Mengucap terimakasih
- Pengenalan bentuk – bentuk
cabe
- Pengenalan huruf vokal dan
konsonan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Tanaman cabe
- Cabe
-
Kartu huruf
- Pensil
Karakter : Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang atas nikmat Tuhan ( cabe )
3. Berdiskusi
tentang manfaat tanaman cabe
4. Mengamati
tanaman cabe
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati tanaman cabe yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang tanaman cabe
yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait tanaman cabe yang
diamati.
Bagaimana
tanaman cabe tersebut ?
Ada apa
saja pada tanaman cabe tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari tanaman cabe ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai tanaman cabe.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang cabe.
· Apa
ciri-ciri tanaman cabe?
· Apa
bagian-bagian dari tanaman cabe ?
· Apa
kegunaan dari cabe?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menceritakan cara menanam cabe
- Anak dapat mencocok
gambar cabe
- Anak
dapat mengurutkan benda dari besar sampai kecil
- Anak
dapat memasangkan huruf vocal/konsonan pada kata
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat tanaman cabe
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam cabe
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan rasa cabe
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengurutkan benda dari besar sampai kecil
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan kartu huruf pada kata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment