Friday, February 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 15.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 15 / 4
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / Perdu (Cabe  )
KD                                  :  1.1 – 1. 2 – 2.3 – 2. 4–2. 10 –  3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 12 – 3 . 12 .
Materi                              :   -      Macam – macam tananam perdu
-      Melestarikan tanaman
-      Berkreasi dengan bahan alam
-      Berkebun
-      Dapat bekerja kelompok
-      Mengucap terimakasih
                                            -     Pengenalan bentuk – bentuk cabe
                                            -     Pengenalan huruf vokal dan konsonan                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Tanaman cabe
                                           -   Cabe
                                           -   Kartu huruf
                                           -   Pensil
Karakter                          :    Rasa ingin tahu                                          
                                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang atas nikmat Tuhan ( cabe )
3. Berdiskusi tentang  manfaat tanaman cabe
4. Mengamati tanaman cabe
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati tanaman cabe yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang tanaman cabe yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait tanaman cabe yang diamati.
Bagaimana tanaman cabe tersebut ?
Ada apa saja pada tanaman cabe tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari tanaman cabe  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai tanaman cabe.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang cabe.
·   Apa ciri-ciri tanaman cabe?
·   Apa bagian-bagian dari tanaman cabe ?
·   Apa kegunaan dari cabe?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat menceritakan cara menanam cabe
-   Anak dapat mencocok gambar cabe
-   Anak dapat mengurutkan benda dari besar sampai kecil
-   Anak dapat memasangkan huruf vocal/konsonan pada kata

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat tanaman cabe




Dapat menceritakan cara menanam cabe




Dapat menyebutkan rasa cabe




Keterampilan
Dapat mengurutkan benda dari besar sampai kecil




Dapat mengurutkan kartu huruf pada kata






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive