RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 9 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Pakaian ( Manfaat )
KD : 1. 1 –
2 . 6 – 2 . 14 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 .4 –
4 . 4.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-
Tata
cara berpakaian yang rapi dan sopan
- Kebiasaan mengucap terimakasih
- Doa
memakai baju (bercermin )
- Berpakaian sesuai kebutuhan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Baju
untuk laki – laki dan untuk perempuan
- Pola baju warna - warni
- Pensil
- Kertas
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar pakaian
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang manfaat pakaian
6. Merapikan
baju yang dipakainya
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar pakaian secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
gambar tersebut ?
Gambar
tersebut termasuk jenis pakaian apa ?
Siapa
saja yang memakai pakaian tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar pakaian.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar pakaian.
· Apa
ciri-ciri pakaian untuk anak laki tersebut?
· Apa
ciri-ciri pakaian untuk anak perempuan tersebut?
· Pakaian
tersebut berwarna apa saja?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat memilih dan menunjukkan baju anak laki/ perempuan
- Anak dapat menjiplak
pola baju
- Anak
dapat menyusun pola baju sesuai warna
- Anak
dapat mencari kata dengan suku kata yang sama
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai hasil karya orang lain (baju)
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat baju
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan jenis-jenis pakaian
|
|
|
|
|
|
Dapat
merapikan baju yang dipakainya
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
meniru pola baju
|
|
|
|
|
Dapat
menyusun pola baju sesuai warna
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment