RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( berkayu )
KD : 1.1–1.2–2.3– 3.2–4.2–3. 3 – 4 . 3 – 3 .
12 – 4 . 12 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi : -
Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Pengenalan hutuf vokal dan konsonan
- Perbedaan warna
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Tempurung kelapa
-
Daun kelapa
-
Lidi - lidi
-
Kertas
- Pensil
- Krayon
Karakter : Tanggung jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tanaman jenis pohon ( berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Berjalan
dengan tempurung kelapa
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati pohon kelapa yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon kelapa yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon kelapa yang
diamati.
Apa
nama pohon tersebut ?
Ada apa
saja pada pohon kelapa tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari pohon kelapa tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai pohon kelapa.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang pohon kelapa.
· Apa
ciri-ciri pohon kelapa?
· Apa
kegunaan dari daun kelapa ?
· Apa
kegunaan dari buah kelapa?
· Dapat
digunakan menjadi apa tempurung kelapa?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menganyam bentuk keris dari daun kelapa
- Anak dapat menghitung
lidi-lidi
- Anak
dapat menggambar bentuk pohon kelapa
- Anak
dapat membuat garis lengkung pada gambar pohon kelapa
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat pohon kelapa
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan bagian-bagian tanaman
|
|
|
|
|
|
Dapat
berjalan dengan tempurung kelapa
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat anyaman dari daun kelapa
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung lidi-lidi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment