RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 6 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Sekolahku (alat – alat permainan )
KD : 1. 1 –
2 . 3 – 2 . 9 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 4 –
4 . 4 – 3 . 9 – 4 . 9.
Materi : -
Menjaga dan melestarikan alat permainan di luar kelas
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Tolong
menolong dengan teman
-
Membuang
sampah pada tempatnya
-
Bersikap
sopan pada orang tua
-
Pengenalan
alat – alat sekolah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Tangga
- Gambar ayunan
- Gunting
- Krayon
- Pensil
Karakter : Bersahabat dan
komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak untuk mengamati alat permainan di dalam ruangan atau di
luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Memanjat bergantung dan berayun
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati alat-alat permainan yang ada di sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang alat-alat
permainan sekolah yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait yang diamati.
Ada apa
saja alat-alat permainan di sekolah ?
Ada
berapa alat permainan di sekolah ?
Alat
permainan apa saja yang ada di luar kelas ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai alat permainan di sekolah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang alat permainan di sekolah.
· Bagaimana
alat permainan yang diamati?
· Ada
berapa macam alat permainan di sekolah?
· Alat
permainan apa saja yang ada di dalam kelas ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menggunting gambar ayunan
- Anak dapat menggambar
alat-alat permainan di luar kelas
- Anak
dapat menirukan 2 urutan kata
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menjaga
dan merawat mainan di luar kelas
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
bermain bersama teman
|
|
|
|
|
Dapat
menggunting gambar ayunan dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar alat permainan di luar kelas
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menirukan 2-3 uruta kata
|
|
|
|
|
Dapat
memanjat, bergantung dan berayun di tangga majemuk
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment