RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 17 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis buah
KD : 1. 1
– 1 . 2 – 2 . 3
– 2 . 4 – 2 . 10 – 3 . 2 – 4 . 2
– 3 . 6 – 4 . 6.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis buah
- Melesarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Mengucap terimakasih
- Pengenalan bentuk – bentuk buah
-
Pertumbuhan tanaman buah
-
Pengenalan huruf vokal dan konsonan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Buah – buahan
- Pensil
- Kertas
- Timbangan mainan
Karakter :
Cinta damai
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam buah
3. Berdiskusi tentang
vitamin yang terkandung dalam buah
4. Berjalan ke
samping pada garis lurus membawa beban di atas kepala
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati macam-macam buah yang disimpan di atas meja
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang macam-macam
buah yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait macam-macam buah yang
diamati.
Apa
warna macam-macam buah tersebut ?
Ada
berapa macam-macam buah di atas meja ?
Apa
manfaat dari buah ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai buah-buahan
- Guru
memberikan pertanyaan tentang buah-buahan.
· Apa
manfaat buah Jambu?
· Apakah
kamu suka makan buah jambu?
· Bagaimana
cara menanam buah Jambu?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengisi pola bentuk lingkaran pada gambar buah jambu
- Anak dapat menimbang
buah mainan dengan timbangan buatan
- Anak
dapat melengkapi huruf vocal nama buah-buahan
- Anak dapat menggambar buah-buahan
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan macam buah-buahan
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan vitamin yang terkandung dalam buah
|
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar bentuk buah-buahan
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
berjalan ke samping membawa beban di atas kepala
|
|
|
|
|
Dapat
melengkapi huruf vokal nama buah-buahan
|
|
|
|
|
|
Dapat
menimbang buah dengan timbangan mainan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment