RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 11 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di darat (berkaki 4 )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 6 – 2 . 9 – 3 . 6 – 4 . 6 –
3 . 8 – 4 . 8 – 3 .15 – 4 .15
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di darat
- Gerak / jalannya binatang
- Sportif dalam permainan
- Cerita bergambar tentang tolong menolong
- Suara – suara binatang
- Perkembangbiakan binatang
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok - balok
- Buku cerita bergambar
- Pensil
- Kertas
Karakter : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar hewan berkaki 4
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang kambing dan sapi
6. Menirukan
suara-suara binatang
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati hewan berkaki 4 seperti kambing dan sapi dengan mengunjungi
kandangnya
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang hewan yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait hewan yang
diamati.
Ada
berapa kambing pada kandang ?
Ada berapa
sapi pada kandang ?
Ada
berapa anak kambing dan anak sapi ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai kambing dan sapi.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang kambing dan sapi.
· Apa
makanan kambing dan sapi ?
· Bagaimana
perkembangbiakan kambing dan sapi?
· Ada
berapa kaki kambing dan sapi ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membedakan suara-suara binatang darat
- Anak dapat memasangkan
makanan dengan binatangnya
- Anak
dapat membuat kandang binatang dengan balok-balok
- Anak
dapat bercerita sesuai gambar
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan binatang berkaki 4
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan suara-suara binatang
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan perkembangbiakan binatang
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
memasangkan makanan binatang
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan perbedaan 2 binatang (ciri-ciri)
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment