Tuesday, February 4, 2020

Pengertian Administrasi Pemerintahan



Pengertian administrasi pemerintahan menurut Taliziduhu Ndraha, yaitu:
“Proses penjagaan (keeping dan caring) dan penyampaian (forwarding dan delivering) produk pemerintahan tertentu kepada konsumer dan memberdayakan konsumer untuk menggunakan produk tersebut dengan cara dan alat yang sesuai dengan kondisi konsumer sesegara mungkin sedemikian rupa sehingga konsumer menerimanya utuh dan sadar, dan memperoleh manfaatnya sebesar-besarnya” (Ndraha, 2011:509)
Dari definisi di atas, dapat dikatakan bahwa administrasi pemerintahan merupakan suatu proses penjagaan dan penyampaian produk-produk tertentu yang disampaikan kepada konsumer dengan kondisi konsumer menerimanya secara utuh dan memperoleh manfaat sebesar-besarnya.
Dengan adanya Administrasi Pemerintahan, maka segala pelayanan yang dilaksanakan oleh pemerintah dapat berjalan dengan baik karena terdapat konsep pelayanan yang diorientasikan kedalam makna pelayanan yang dilakukan kepada manusia, tidak melalui pemberlakuan kebenaran sendiri terhadap semua orang, tetapi berdasarkan makna kasih universal. Terdapat dua fungsi teologikal yakni fungsi profetik yang mengartikan pada saat aktor membuat kebijakan dan fungsi apostolik yang mengartikan pada saat aktor menjalankan pelayanan kepada kelompok ataupun kepada individu. Administrasi dalam hubungan ini tentu saja tidak dalam arti sehari-hari pekerjaan kantor seperti surat-menyurat, simpan-menyimpan, atau catat-mencatat di belakang meja yang dilakukan oleh tenaga-tenaga yang terdapat di kantor tersebut.
Kemudian, terdapat sasaran pelayanan. Sasaran pelayanan diidentifikasi secara umum dan secara khusus. Dari sudut pemerintah, sasaran pelayanan pemerintahan adalah masyarakat dan individu manusia. Dari segi objektif, kelompok sasaran diidentifikasi menurut kondisi khusus masing-masing. Dilihat dari sudut ini, pelayanan dibeda-bedakan menurut kebutuhan dari masing-masing individu tersebut atau yang menurut pertimbangan pemerintahan seharusnya dibutuhkan oleh seseorang atau suatu masyarakat.
Selanjutnya terkait dengan cara pelayanan. Pelayanan dilakukan secara enthusiastic, menjalankan misi pemerintahan, dan mengondisikan suatu kebijakan yang akan terjadi di masa yang akan datang.
Membahas tentang administrasi pemerintahan yang berfungsi sebagai suatu perencanaan, pengorganisasian, pengadaan tenaga kerja, pemberian bimbingan, pengkoordinasian, pelaporan dan pengganggaran yang terdapat di lingkup pemerintahan. Oleh karena itu, terdapat pokok bahasan terkait dengan administrasi pemerintahan, diantaranya sebagai berikut:
1.      Analisis pemerintahan guna mengetahui mata rantainya yang lemah;
2.      Analisis hubungan antara kebijakan dengan administrasi;
3.      Reposisi unit kerja yang bernama dinas (agency) sebagai Unit Administrasi Pemerintahan;
4.      Reformasi pendidikan dan pelatihan kader-kader pemerintahan;
5.      Pengembagan topik-topik penelitian Ilmu Pemerintahan.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive