RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 9 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Pakaian ( cara membuat baju )
KD : 1. 1 –
2 . 2 – 2 . 7 – 2 . 14 – 3 . 3 – 4 . 3 –
3 .6 – 4 . 6.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-
Mencoba
menjahit baju sederhana
- Kebiasaan mengucap terimakasih
- Budaya antri
- Memakai baju sesuai ukuran
- Konsep bilangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Kain
perca
-
Meteran
- Gunting
- Jarum , benang
- Pensil
Karakter : Tanggung jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati menjahit baju
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang cara membuat baju
6. Menirukan
gerakan menjahit baju
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar menjahit baju secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah yang
dilakukan ibu pada gambar tersebut ?
Alat
apa saja yang digunakan ibu untuk menjahit baju ?
Apa
saja yang dilakukan sebelum menjahit baju ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar menjahit baju.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar menjahit baju.
· Apa
yang dilakukan sebelum menjahit baju
· Bagaimana
mengukur baju tersebut?
· Alat
apa saja yang digunakan dalam membuat baju?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menunjukkan alat-alat untuk membuat baju
- Anak dapat memotong
pola baju dari kain perca
- Anak
dapat mengukur lingkar badan temannya
- Anak
dapat menjahit pola baju dari kain perca
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai hasil karya orang lain (baju)
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara membuat baju
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan alat-alat untuk menjahit
|
|
|
|
|
|
Dapat
memotong pola baju
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menjahit pola baju
|
|
|
|
|
Dapat
mengukur lingkar badan temannya dengan meteran
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment