Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 7.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 7 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Makanan  (sumber / asal makanan )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 6 – 2 . 13 – 3 . 4 – 3  . 12 – 4 . 12       
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan pokok )
-          Gerakan sederhana
-          Mentaati tata tertib makan
-          Tidak mengambil barang miliknya
-          Makanan yang bergizi
-      Huruf awal sama nama makanan
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Beras , jagung , ketela
                                            -  Gambar bakul nasi
                                            -  Alat cocok
                                            -  Krayon
                                            -  Pensil
Karakter                          :  Rasa Ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru menunjukkan kepada anak gambar makanan
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menirukan gerakan menumbuk padi
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar makanan secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Gambar tersebut termasuk jenis makanan apa ?
Siapa saja yang makan makanan tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar makanan.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar makanan.
·  Apa ciri-ciri makanan tersebut?
·  Bagaimana rasa makanan tersebut?
·  Kapan kalian makanan tersebut?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mengelompokkan makanan pokok
- Anak dapat memasangkan kartu huruf pada makanan pokok
- Anak dapat mencocok gambar bakul nasi

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri makanan sebagai anugerah Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan sumber-sumber makanan pokok




Dapat mencocok gambar bakul nasi




Keterampilan
Dapat meniru menulis nama-nama makanan pokok




Dapat menyebutkan guna makanan bagi tubuh






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive