Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 13.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 13 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Binatang yang bisa terbang ( lebah )
KD                                  :  1. 1  – 2.4–2.5–3.2–4  . 2 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 13 – 4 . 13    3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
-      Gerakan binatang yang bisa terbang
-      Cerita pengalaman anak
-      Berbuat baik pada makluk Tuhan
-      Suara – suara lebah
-      Beradaptasi dengan lingkungan
-      Tertarik pada aktifitas seni                                   
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Kertas
                                           -   Gunting , lem
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas
                                           -   Krayon
Karakter                          :   Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Menirukan suara lebah
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar lebah secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
lebah biasanya ada dimana ?
Bagaimana perkembangbiakan lebah?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai lebah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang lebah.
·  Apa ciri-ciri lebah?
·  Apakah warna lebah ?
·  Ada berapa lebah pada gambar?
·  Dimana sarang lebah berada ?
Menyimpulkan
-  Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat mencocokkan bilangan dengan benda-benda
-  Anak dapat menggunting dan menempel kertas menjadi bentuk lebah
-  Anak dapat membuat bentuk sarang lebah
-  Anak dapat menunjukkan gerakan-gerakan sederhana

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan tentang manfaat dan bahaya lebah




Dapat mencocokkan bilangan dengan benda




Dapat membuat mainan dengan menggunting dan menempel




Keterampilan
Dapat membuat sarang lebah




Dapat menirukan gerakan-gerakan sederhana







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive