RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 13 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Binatang yang bisa terbang (
lebah )
KD : 1. 1 –
2.4–2.5–3.2–4 . 2 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .
13 – 4 . 13 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
- Gerakan binatang yang bisa terbang
- Cerita pengalaman anak
- Berbuat baik pada makluk Tuhan
- Suara – suara lebah
- Beradaptasi dengan lingkungan
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Kertas
-
Gunting , lem
- Pensil
- Kertas
- Krayon
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi
tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Menirukan
suara lebah
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar lebah secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kalian lihat ?
lebah
biasanya ada dimana ?
Bagaimana
perkembangbiakan lebah?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai lebah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang lebah.
· Apa
ciri-ciri lebah?
· Apakah
warna lebah ?
· Ada
berapa lebah pada gambar?
· Dimana
sarang lebah berada ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mencocokkan bilangan dengan benda-benda
- Anak dapat menggunting
dan menempel kertas menjadi bentuk lebah
- Anak
dapat membuat bentuk sarang lebah
- Anak
dapat menunjukkan gerakan-gerakan sederhana
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan tentang manfaat dan bahaya lebah
|
|
|
|
|
Dapat
mencocokkan bilangan dengan benda
|
|
|
|
|
|
Dapat
membuat mainan dengan menggunting dan menempel
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat sarang lebah
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan gerakan-gerakan sederhana
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment