Monday, February 3, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 7.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 7 / 5
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Makanan  (makanan sehat )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 6 – 2 . 7 – 3 . 3 – 4 . 3 – 3  . 9 – 4 . 9 – 3 .10 – 4 . 10.     
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-          Memasak nasi
-          Kebiasaan mengucap terimakasih
-          Makan yang teratur
-      Percakapan dengan teman
-      Makanan kesukaanku
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar makanan kesukaan
                                           -  Kertas
                                           -  Pensil
Karakter                          :  Peduli Sosial                                              

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar makanan sehat
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang makanan kesukaan
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar makanan sehat secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Gambar tersebut termasuk jenis makanan apa ?
Siapa saja yang makan makanan tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar makanan.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar makanan.
·  Apa ciri-ciri makanan tersebut?
·  Bagaimana rasa makanan tersebut?
·  Kapan kalian makanan tersebut?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menunjukkan makanan kesukaan
- Anak dapat memilih makanan yang sehat
- Anak dapat membuat gambar makanan sesuai angka
- Anak dapat menirukan sajak

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan makanan yang sehat dan bergizi




Dapat memilih makanan yang sehat




Dapat membuat gambar sesuai angka




Keterampilan
Dapat membuat sajak tentang makanan




Dapat menunjukkan makanan kesukaannya







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive