RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 13
/ 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Binatang yang bisa terbang (
burung )
KD : 1.1–2.4– 2. 12 – 3 . 3 – 4 . 3 – 3 . 6 – 4 .6– 3 .8 – 4 . 8 – 3 . 15 – 4
. 15.
Materi : -
Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
- Gerakan binatang yang bisa terbang
- Memberi makan burung
- Terbang seperti burung
- Suara – suara burung
- Perkembangbiakan burung
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Burung
- Makanan burung ( jagung )
- Pensil
- Kertas
- Krayon
Karakter : Komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi
tentang ciri –ciri binatang yang bisa terbang
4. Memberi makan
burung
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar burung bangau secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
burung apakah yang kalian lihat ?
Burung
bangau biasanya ada dimana ?
Bagaimana
perkembangbiakan burung bangau ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai burung bangau.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang burung bangau.
· Apa
ciri-ciri burung bangau?
· Apakah
burung bangau bertelur?
· Ada
berapa burung bangau pada gambar?
· Ada
berapa telur burung bangau pada gambar?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat berdiri di atas satu kaki seperti burung bangau
- Anak dapat menghitung
jumlah telur burung bangau
- Anak
dapat menceritakan perkembangbiakan burung
bangau
- Anak
dapat mengisi pola gambar burung bangau dengan
garis lengkung
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong
anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh
lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan jenis burung
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan perkembangbiakan burung
|
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan gerakan burung
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengisi pola pada gambar burung
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan kicauan burung
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment