Friday, February 21, 2020

SEJARAH SINGKAT KEPRAMUKAAN




1.Sejarah Pramuka Dunia
            Tahun 1908 Mayor Jendral Robert Baden Powell (lord Baden Powell) melancarkan gagasan tentang pendidikan luar sekolah. Beliau mengarang buku “Scouting For Boy” yang berisi segala pengalaman dan latihan-latihan yang diperlukan.
2.Seorang Pandu
            Gagasan tersebut menyebar keseluruh benua Eropa dan lalu dilaksanakan oleh masyarakat Belanda dan didaerah jajahannya, termasuk Indonesia, dengan cara mendirikan NIPU (Netherland Indische Vereeniging = persatuan pandu-pandu hindia Belanda).
Pemimpin-pemimpin gerakan nasionalpun membentuk kepandua dengan tujuan agar kader penggerak nasional Indonesia menjadi penggerak nasional. Perkumpulan  penggerak kepanduan tersebut diantaranya : JPO, JPP, HW dan lain-lain.
Setelah peristiwa sumpah pemuda 28 Oktober 1928 ada larangan dari pemerintah Hindia Belanda pada organisasi-organisasi kepanduan diluar NIPV tidak menggunakan istilah Padvinders dan Panvindery. Maka Kh Agus Salim menggunakan istilah pandu dan kepanduan sebagai penggantinya.
Maka pada tahun 1930 berdirilah suatu organisasi kepanduan yaitu KBI ( Kepanduan Bangsa Indonesia ) dan tahun 1931 berdiri PAPI ( persatuan antar pandu Indonesia ) yang beriubah menjadi BPPKI ( badan pusat kepanduan Indonesia ) pada tahun 1938.



No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive