RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman (jenis / asal minuman )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 6 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 .4 – 4
. 4 – 3 .12 – 4 . 12.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (minuman )
-
Gerakan
sederhana
-
Mentaati
tata tertib minum
-
Berdoa
sebelum dan sesudah minum
- Minuman yang sehat
- Huruf awal sama
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Minuman
- Gelas
- Air
- Kertas
- Pensil
Karakter : Gemar Membaca
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar macam-macam minuman
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang pentingnya minuman bagi tubuh
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar macam-macam minuman secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Minuman
apa saja yang ada pada gambar tersebut ?
Minuman
apa yang paling disukai oleh kalian ?
Minuman
itu ada di dalam tempat apa saja ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar minuman.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar minuman.
· Apa
ciri-ciri minuman tersebut?
· Bagaimana
rasa minuman tersebut?
· Kapan
kalian minum minuman tersebut?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat memperagakan gerakan minuman
- Anak dapat mengelompokkan
jenis-jenis minuman
- Anak
dapat menghubungkan gambar dengan kartu kata
- Anak
dapat mencari perbedaan dua jenis minuman
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
mensyukuri nikmat Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan asal minuman
|
|
|
|
|
Dapat
menunjukkan gerakan minum
|
|
|
|
|
|
Dapat
berjalan sambil membawa gelas berisi air dan tidak tumpah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengelompokkan jenis-jenis minuman
|
|
|
|
|
Dapat
mencari perbedaan dari minuman
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment