Friday, February 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 15.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 15 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / Hias (Manfaatnya  )
KD                                  :  1.1–1.2– 2. 2–2.3–2.4–2. 10    3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 . 12 – 4 . 12
Materi                              :   -      Macam – macam tananam hias
-      Melestarikan tanaman
-      Menyiram bunga
-      Berkreasi dengan bahan alam
-      Berkebun
-      Dapat bekerja kelompok
-      Pengenalan bentuk – bentuk bunga
                                            -     Pertumbuhan tanaman
                                           -     Pengenalan huruf vokal dan konsonan
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Bunga
                                           -   Kertas
                                           -   Pensil
Karakter                          :     Komunikatif                                             
                                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang atas nikmat Tuhan ( bunga )
3. Berdiskusi tentang  manfaat  bunga
4. Permaian  fisik  ( bunga tertutup  bunga terbuka )
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati gambar bunga secara bergantian
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar bunga yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar bunga yang diamati.
Apa nama bunga tersebut ?
Ada apa saja pada bunga tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari bunga tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bunga.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang bunga.
·   Apa ciri-ciri bunga?
·   Apa bagian-bagian dari bunga ?
·   Apa kegunaan dari bunga?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat mengelompokkan bunga berdasarkan bentuk
-   Anak dapat melengkapi huruf vocal nama bunga
-   Anak dapat meneruskan pola bagian-bagian bunga
-   Anak dapat menyiram bunga

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan macam-macam bunga




Dapat menyebutkan huruf vokal nama-nama bunga




Dapat melakukan permainan fisik




Keterampilan
Dapat meneruskan pola bagian-bagian bunga




Dapat mengelompokkan bunga berdasarkan bentuk/warna







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive