RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 9 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Pakaian ( peralatan menjahit )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 9 – 4 . 9 –
3 .10 – 4 . 10 – 3 . 14 – 4 . 14.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-
Gerakan
sederhana
- Tidak mengambil barang bukan miliknya
- Budaya antri
- Pengenalan alat – alat menjahit
- Menirukan 3 – 4 urutan kata
- Pakaian kesukaan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Sisir
- Sumba
- Gunting
-
Kertas
-
Pensil
- Krayon
Karakter : Kreatif
Proses
kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati menjahit baju
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang cara membuat baju
6. Tepuk dengan
berbagai pola
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar menjahit baju secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
yang dilakukan ibu pada gambar tersebut ?
Alat
apa saja yang digunakan ibu untuk menjahit baju ?
Apa
saja yang dilakukan sebelum menjahit baju ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai gambar menjahit baju.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang gambar menjahit baju.
· Apa
yang dilakukan sebelum menjahit baju
· Bagaimana
mengukur baju tersebut?
· Alat
apa saja yang digunakan dalam membuat baju?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat memercik dengan sisir (pola gunting)
- Anak dapat memotong
pola baju dari kain perca
- Anak
dapat mengukur lingkar badan temannya
- Anak
dapat menjahit pola baju dari kain perca
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai hasil karya orang lain (baju)
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
mengurutkan cara membuat/menjahitkan baju
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan alat-alat jahit
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menggunakan peralatan untuk menjahit
|
|
|
|
|
Dapat
membuat gambar dengan teknik memercik
|
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar baju dengan warna kesukaan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment