Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIIFIK KEL A MINGGU 13.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 13 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Binatang yang bisa terbang ( kupu - kupu )
KD                                  :  1.1 – 2 . 4 – 2.12 – 3. 5 – 4 .5–3.6 – 4 .6– 3 .8 – 4 . 8 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
-      Gerakan binatang yang bisa terbang
-      Berbuat baik pada binatang
-      Permainan menjaring kupu - kupu
-      Perkembangbiakan kupu - kupu
-      Suku kata akhir sama
-      Syair
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Burung
                                            -   Sedotan
                                            -   Gunting , lem
                                            -   Pensil
                                            -   Kertas
                                            -   Krayon
Karakter                          :   Gemar membaca
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Permainan menjaring kupu - kupu
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar kupu-kupu secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
kupu-kupu biasanya ada dimana ?
Bagaimana perkembangbiakan kupu-kupu?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kupu-kupu.
- Guru memberikan pertanyaan tentang kupu-kupu.
·  Apa ciri-ciri kupu-kupu?
·  Apakah kupu-kupu bertelur?
·  Ada berapa kupu-kupu pada gambar?
·  Ada macam kupu-kupu pada gambar?
Menyimpulkan
-  Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat menceritakan perkembangbiakan kupu-kupu
-  Anak dapat menggambar bebas
-  Anak dapat menirukan sajak sederhana
-  Anak dapat mengelompokkan kata yang mempunyai suku kata akhir sama

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
        
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan perkembangbiakan kupu-kupu




Dapat membuat sajak sederhana




Dapat menggambar bebas




Keterampilan
Dapat mengikuti permainan dengan sportif




Dapat mengelompokkan suku kata akhir sama






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive