RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 13 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Binatang yang bisa terbang ( kupu
- kupu )
KD : 1.1 – 2 . 4 – 2.12 – 3. 5 – 4 .5–3.6 – 4 .6–
3 .8 – 4 . 8 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
- Gerakan binatang yang bisa terbang
- Berbuat baik pada binatang
- Permainan menjaring kupu - kupu
- Perkembangbiakan kupu - kupu
- Suku kata akhir sama
- Syair
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Burung
- Sedotan
- Gunting , lem
- Pensil
- Kertas
- Krayon
Karakter : Gemar membaca
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi
tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Permainan menjaring
kupu - kupu
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar kupu-kupu secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah
diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kalian lihat ?
kupu-kupu
biasanya ada dimana ?
Bagaimana
perkembangbiakan kupu-kupu?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai kupu-kupu.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang kupu-kupu.
· Apa
ciri-ciri kupu-kupu?
· Apakah
kupu-kupu bertelur?
· Ada
berapa kupu-kupu pada gambar?
· Ada
macam kupu-kupu pada gambar?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menceritakan perkembangbiakan kupu-kupu
- Anak dapat menggambar
bebas
- Anak
dapat menirukan sajak sederhana
- Anak
dapat mengelompokkan kata yang mempunyai suku kata akhir sama
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan
rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang
disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan perkembangbiakan kupu-kupu
|
|
|
|
|
Dapat
membuat sajak sederhana
|
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar bebas
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengikuti permainan dengan sportif
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan suku kata akhir sama
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment