RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( tidak berkayu )
KD : 1. 1 –
1 . 2 – 2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 13 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 .
11 – 4 . 11.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Mengembalikan milik orang lain
- Pertumbuhan tanaman
- Mengulang kalimat
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Pelepah pisang
- Tinta
Karakter : Menghargai prestasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tanaman jenis pohon ( tidak
berkayu )
3. Berdiskusi
tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Senam fantasi
menirukan gerakan tanaman tertiup angin
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati pohon pisang yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon pisang yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon pisang yang
diamati.
Apa
nama pohon tersebut ?
Ada apa
saja pada pohon pisang tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari pohon pisang tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai pohon pisang.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang pohon pisang.
· Apa
ciri-ciri pohon pisang?
· Apa
kegunaan dari daun pisang ?
· Apa
kegunaan dari buah pisang?
· Dapat
digunakan menjadi apa pelepah pisang?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mencetak dengan pelepah pisang
- Anak dapat membuat
mainan dengan pelepah pisang
- Anak
dapat mengurutkan pertumbuhan pohon pisang
- Anak
dapat mengulang kalimat yang dimulai guru
|
C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat
yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat pohon pisang
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan pertumbuhan pohon pisang
|
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan gerakan tanaman tertiup angin
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat mainan dari pelepah pohon pisang
|
|
|
|
|
Dapat
mencetak gambar dengan pelepah pisang
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment