Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 12.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 12 / 2
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di air (Ikan )
KD                                  :  1.1 –2.4–2.5–2.12 –3.3 – 4  . 3 – 3 . 6 – 4 .6– 3 .7 – 4 .7 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di air
-      Gerakan / jalannya binatang
-      Cerita  pengalaman anak
-      Memberi makan ikan
-      Konsep bilangan
-      Berenang seperti ikan
-      Permainan menjaring ikan
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Kertas
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas lipat
                                           -   Krayon
Karakter                          :  Peduli sosial

Proses kegiatan         
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar ikan
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang ikan
6. Permainan menjaring ikan
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar ikan secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
Ada berapa ikan pada gambar ?
Ikan hidup dimana ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ikan.
- Guru memberikan pertanyaan tentang ikan.
·      Apa ciri-ciri ikan ?
·      Dimana tempat hidup ikan ?
·      Apakah makanan ikan ?
·      Ada berapa ikan kecil dan besar ?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat mengurutkan gambar ikan dari ukuran kecil-
        besar
-       Anak dapat melipat kertas menjadi bentuk ikan
-       Anak dapat menceritakan isi gambar yang telah disediakan
-       Anak dapat memberi makan ikan

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan macam-macam ikan




Dapat memberi makan ikan




Dapat menceritakan isi gambar yang telah dibuatnya




Keterampilan
Dapat melipat berbagai bentuk ikan




Dapat sportif dalam permainan







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive