Friday, February 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 16.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 16 / 4
Hari /tgl                           :   ……..
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Tanaman / Jenis sayur
KD                                  :  1. 1 – 1. 2 –2.13 –3.2– 4.2–3. 3  – 4 . 3 – 3 . 12 – 4 . 12 – 3 . 13 – 4 . 13..
Materi                              :   -      Macam – macam tananam jenis sayur
-      Melestarikan tanaman
-      Mengembalikan milik orang lain
                                            -     Mengucap terimakasih
                                            -     Koordinasi motorik halus
                                           -     Pengenalan huruf vokal dan konsonan
                                           -     Kerja kelompok

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Sayuran
                                           -   Batang kangkung
                                           -   Pisau / gunting
                                           -  Pensil
                                           -   Kertas
Karakter                          :   Bersahabat                                   
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang cara merawat tanaman
3. Berdiskusi tentang  asupan gizi dari sayuran
4. Berlari sambil melompat
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati kangkung yang disimpan di atas meja
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang kangkung yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait kangkung yang diamati.
Apa warna kangkung tersebut ?
Ada berapa kangkung di atas meja ?
Apa manfaat dari kangkung  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kangkung
-   Guru memberikan pertanyaan tentang kangkung.
·   Apa ciri-ciri kangkung?
·   Apa warna kangkung?
·   Apakah perbedaan sayur bayam dan sayur kangkung?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat mencetak dengan batang kangkung
-   Anak dapat memotong sayur kangkung
-   Anak dapat menceritakan perbedaan sayur bayam dan sayur kangkung

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat sayuran bagi tubuh kita




Dapat menceritakan asupan gizi yang terkandung pada sayuran




Dapat menceritakan perbedaan sayur bayam dan kangkung




Dapat menceritakan cara memotong sayuran




Keterampilan
Dapat membeli sayur di pasar kalender




Dapat mencetak gambar dengan batang kangkung






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive