RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 5
Hari
/tgl : .
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman ( cara membuat minuman
)
KD : 1. 1 –
2 . 2 – 2 . 6 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3 .6 –
4 . 6.
Materi : - Bersyukur atas nikmat Tuhan (makanan )
-
Mencoba
membuat minuman
-
Mentaati
tata tertib minum
- Minuman sehat
- Meneruskan pola
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Air
- Gula
- Teh
- Teko , cangkir
- Kertas / buku
-
Pensil
Karakter : Rasa Ingin Tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru menunjukkan pada anak proses pembuatan minuman
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang proses pembuatan minuman
6. Bermain
membawa botol berdiri di atas alas ( karton )
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati proses pembuatan minuman secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang proses
pembuatan minuman yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait proses pembuatan
minuman yang diamati.
Apa
saja peralatan minuman tersebut ?
Ada
berapa gambar teko itu ?
Bagaimana
cara mengisi botol dengan air?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai proses pembuatan minuman.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang proses pembuatan minuman
· Apa
kalian suka minum air teh?
· apa
kalian suka minum susu?
· Bagaimana
cara membuat minuman air teh?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membuat teh / susu
- Anak dapat meneruskan
pola gambar peralatan minum
- Anak
dapat mengurutkan cara membuat teh
- Anak
dapat bercerita tentang pengalaman
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai milik orang lain
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara membuat teh
|
|
|
|
|
Dapat
membuat teh bersama-sama
|
|
|
|
|
|
Dapat
meneruskan pola gambar peralatan minum
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menceritakan pengalamannya
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan minuman yang sehat
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment