RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 15 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Hias (Manfaatnya )
KD : 1. 1 – 1 . 2 –
2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 10 – 2 . 13
– 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 11 – 4 . 11.
Materi : -
Macam – macam tananam hias
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Dapat bekerja kelompok
- Mengembalikan milik orang lain
- Mengucap terimakasih
- Mengulang kalimat sederhana
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Gunting , lem
- Kertas
- Pensil
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang atas nikmat Tuhan ( bunga )
3. Berdiskusi tentang cara melestarikan tanaman
4. Gerak dan
lagu lihat kebunku
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar bunga secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar bunga
yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar bunga yang
diamati.
Apa
nama bunga tersebut ?
Ada apa
saja pada bunga tersebut ?
Apa
yang bisa diambil dari bunga tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai bunga.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang bunga.
· Apa
ciri-ciri bunga?
· Apa
bagian-bagian dari bunga ?
· Apa
kegunaan dari bunga?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membuat bunga dengan menggunting, melipat, menempel
- Anak dapat menghitung
gambar bunga dan daun
- Anak
dapat bercerita tentang gambar yang dibuat sendiri
- Anak
dapat meronce bunga
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat bunga
|
|
|
|
|
Dapat
meronce bunga
|
|
|
|
|
|
Dapat
bercerita tentang gambar yang dibuatnya
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menjumlahkan bunga
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bunga dengan teknik 3M
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment