RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 17 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis Umbi ( umbi jalar )
KD : 1.1–2. 2 –2 3–2. 4 –2. 13– 3 . 6 – 4 .6
– 3 . 12 – 4 . 12 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi : - Macam – macam tananam jenis umbi
- Mencoba hal baru
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Mengembalikan milik orang lain
- Pengenalan bentuk tanaman umbi
- Pengenalan huruf vokal dan konsonan
- Perbedaan warna buah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Ketela pohon
- Pensil
- Kertas
- Umbi jalar
Karakter : Peduli lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam tanaman umbi
3. Berdiskusi
tentang cara menanam umbi jalar / ketela
4. Mengamati
tanaman umbi jalar
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati ubi jalar dan singkong yang dibawa oleh guru
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang benda yang
dibawa guru
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait benda yang
diamati.
Apakah nama
benda yang dibawa guru ?
Apakah
perbedaan antara benda yang dibawa guru ?
Makanan
yang terbuat dari ubi jalar apa saja ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ubi jalar dan singkong.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan ubi jalar dengan singkong.
· Apa
ciri-ciri ubi jalar?
· Apa
ciri-ciri singkong?
· Apakah
ada yang pernah makan ubi jalar atau singkong ?
· Bagaimana
rasa ubi jalar dan singkong?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali ciri-ciri ubi jalar dan singkong
- Anak dapat mencetak
dengan ubi jalar
- Anak
dapat menyebutkan perbedaan ubi jalar dan singkong
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman umbi sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan macam tanaman jenis umbi
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam umbi jalar
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan makanan yang terbuat dari umbi jalar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat gambar dengan mencetak menggunakan umbi jalar
|
|
|
|
|
Dapat
menggoreng/makan makanan dari umbi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment