RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 12 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Binatang / Hidup di laut
KD : 1.1–2.5–2.6 –2.9–3.6–4 . 6 – 3 . 10 – 4 .10–
3 .11 – 4 11 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam binatang hidup di laut
- Cerita
pengalaman anak
- Mengembalikan mainan pada tempatnya
- Cerita bergambar tentang tolong menolong
- Tidak menyakiti binatang
- Perkembangbiakan binatang
- Mengulang kalimat yang sudah didengar
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Miniatur kura - kura
- Ikan laut
- Pensil
- Kertas
- Krayon
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar binatang laut
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang ikan laut
6. Menirukan
jalannya kura-kura
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ikan, kura-kura secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kalian lihat ?
Ada
berapa ikan pada gambar ?
Ada
berapa kura-kura pada gambar ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai hewan di laut.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang hewan di laut.
· Apa
ciri-ciri ikan laut ?
· Hewan
apa saja yang hidup di laut?
· Hewan
apa saja selain ikan yang hidup di laut ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mewarnai kura-kura
- Anak dapat mengulang
kalimat yang sudah didengar
- Anak
dapat memasangkan lambang bilangan dengan benda
- Makan
makanan berprotein (ikan laut)
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat ikan laut
|
|
|
|
|
Dapat
memasangkan lambang bilangan dengan benda
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengulang kalimat yang sudah didengar dengan benar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mewarnai gambar dengan rapi
|
|
|
|
|
Dapat
bercerita tentang pengalaman
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment