Friday, February 7, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL A MINGGU 12.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 12 / 4
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di laut
KD                                  :  1.1–2.5–2.6 –2.9–3.6–4 . 6 – 3 . 10 – 4 .10– 3 .11 – 4 11 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di laut
-      Cerita  pengalaman anak
-      Mengembalikan mainan pada tempatnya
-      Cerita bergambar tentang tolong menolong
-      Tidak menyakiti binatang
-      Perkembangbiakan binatang
-      Mengulang kalimat yang sudah didengar
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Miniatur kura - kura
                                           -   Ikan laut
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas
                                           -   Krayon
Karakter                          :  Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar binatang laut
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang ikan laut
6. Menirukan jalannya kura-kura
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar ikan, kura-kura secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
Ada berapa ikan pada gambar ?
Ada berapa kura-kura pada gambar ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai hewan di laut.
- Guru memberikan pertanyaan tentang hewan di laut.
·      Apa ciri-ciri ikan laut ?
·      Hewan apa saja yang hidup di laut?
·      Hewan apa saja selain ikan yang hidup di laut ?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat mewarnai kura-kura
-       Anak dapat mengulang kalimat yang sudah didengar
-       Anak dapat memasangkan lambang bilangan dengan benda
-       Makan makanan berprotein (ikan laut)

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat ikan laut




Dapat memasangkan lambang bilangan dengan benda




Dapat mengulang kalimat yang sudah didengar dengan benar




Keterampilan
Dapat mewarnai gambar dengan rapi




Dapat bercerita tentang pengalaman






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive