Thursday, February 16, 2017

Tipe-Tipe Pertanyaan (Types of Questions) dalam Need Analysis


Rossett (1982) mengidentifikasi lima kategori pertanyaan yang didesain untuk identifikasi  masalah, prioritas,  kemampuan, sikap dan solusi.
Masalah (problems) berkaitan dengan pertanyaan  1) masalah apa yang dihadapi mahasiswa ketika berbicara dengan native speaker bahasa Inggris?  2) Bagaimana pendapat guru tentang bahasa Inggris para mahasiswa?  3) Sumber kesulitan apa yang dihadapi guru dalam menghadapi mahasiswa asing?  4) Bagaimana pendapat para administrator mengenai pengorganisasian belajar ( secara fisik ) bagi para mahasiswa program bahasa?
Pertanyaan prioritas menyelidiki mengenai topik-topik, penggunaan bahasa, keterampilan dan lain-lain yang dianggap sangat penting bagi target kelompok dalam belajar. Pertanyaan-pertanyaan  prioritas mengacu pada pertanyaan yang bisa diajukan berkaitan dengan keterampilan membaca (reading), menulis (writing), menyimak (listening), berbicara (speaking) dan tata bahasa (grammar). Pertanyaan mengenai  kemampuan (ability) berfokus pada siswa itu sendiri, dan biasanya  digunakan  untuk  menentukan  kemampuan  mereka  pada  saat  masuk.
Pertanyaan tentang sikap (attitude) ditujukan untuk para siswa dalam rangka menjaring informasi mengenai sikap dan rasa partisipasi terhadap unsur-unsur program, misalnya apakah mahasiswa menyukai “tata bahasa (grammar)” atau tidak. Bagi guru, apakah guru merasa bahwa mahasiswanya belajar bahasa Inggris itu lebih baik?
Pertanyaan mengenai solusi adalah terdapatnya perubahan dari apa yang diharapkan. Solusi merupakan upaya mencari penyelesaian program, karena di dalamnya terdapat masalah yang berkaitan dengan politik (misalnya).

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive