RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX (Genap )
Alokasi Waktu : 1 x 2 x 40 menit (1 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik
dasar permainan dan olahraga, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola
besar lanjutan dengan konsisten (koordinasi yang baik ), serta nilai kerja sama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Indikator
·
Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bola basket melempar, menangkap,
menggiring, menembak dan rebound bola secara berkelompok dalam bentuk pola
penyerngan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik
·
Bermain bola basket dengan peraturan
yang di modifikasi untuk menumbuhkan
dan membina nilai-nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
passing dada, pantul, dari atas kepala
serta menggiring bola dan shooting dua tanggan dengan konsisten dan benar
b.
Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
passing dada, pantul, dari atas kepala
serta menggiring bola dan lay-up shoot dengan konsisten dan benar
c.
Siswa dapat bermain bolabasket dengan baik menggunakan
peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan
bersedia berbagi tempat dan peralatan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Pembelajaran
Permainan Bolabasket
·
Variasi dan kombinasi teknik dasar permainan
bola basket melempar, menangkap, menggiring, menembak dan rebound bola secara
berkelompok dalam bentuk pola penyerngan dan pertahanan dengan
koordinasi yang baik
·
Bermain bola basket dengan peraturan
yang di modifikasi
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3.
Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Perminan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris mengecek
kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk
memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali pengetahuan
awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa
ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang
kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan pemanasan
yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2
Kegiatan Inti
Ø Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing
dada, pantul, dari atas kepala dan shooting menggunakan dua tangan dengan
konsisten, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan passing dada /chestpass(berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing pantul / bouncepass(berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing atas kepala / over head pass(perorangan/kelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g)
Bermain bola
basket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar Passing
depan dada, passing pantulan dan passing atas kepala(Sportif,
Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas
latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis
materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku teks
-
Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Kelas IX, Jakarta : Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, menembak dan
rebound bola ke ring basket, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan
melakukan gerakan(penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan
gerakan (penilaian produk/prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Lempar tangkap
|
Menggiring
|
Menembak
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (melempar
dan menangkap bola ke sarsaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 30 Kali
|
... > 25 Kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
25 – 29 Kali
|
20 – 24 Kali
|
90%
|
Baik
|
20 – 24 Kali
|
15 – 19 Kali
|
80%
|
Cukup
|
15 – 19 Kali
|
11 – 14 Kali
|
70%
|
Kurang
|
... < 15 Kali
|
... < 11 Kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar
(menggiring bola) melewati rintang selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 23 Rintangan
|
... > 20 Rintangan
|
100%
|
Sangat Baik
|
20 – 22 Rintangan
|
17 – 19 Rintangan
|
90%
|
Baik
|
17 – 19 Rintangan
|
14 – 16 Rintangan
|
80%
|
Cukup
|
14 – 16 Rintangan
|
11 – 13 Rintangan
|
70%
|
Kurang
|
... < 14 Rintangan
|
... < 11 Rintangan
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Kriteria Penilaian Produk/Prestasi teknik dasar
menembak ke ring basket (Bangshoot)
selama 30 Detik
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 20 Masuk
|
... > 17 Masuk
|
100%
|
Sangat Baik
|
17 – 19 Masuk
|
14 – 16 Masuk
|
90%
|
Baik
|
14 – 16 Masuk
|
11 – 13 Masuk
|
80%
|
Cukup
|
11 – 13 Masuk
|
8 – 10 Masuk
|
70%
|
Kurang
|
... < 11 Masuk
|
... < 8 Masuk
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Mainkan
permainan Bolabasket dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
-
Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan formasi-formasi pemain
bola basket ?
|
2
|
Jelskan yang dimaksud dengan rebound permainan bola basket ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan rebound permainan bola basket ?
|
4
|
Jelaskan cara melakukan melempar, menangkap dan menggiring bola !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan melempar, menangkap, menggiring, menembak dan
rebound bola !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga
Aspek Penilian
Keterangan :
·
Sangat Baik = 91 – 100 %
·
Baik = 80 – 90 %
·
Cukup = 70 – 79 %
·
Kurang = 60 – 69 %
·
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment